SIAGA BENCANA


SIAGA BENCANA
Bencana adalah kejadian luar biasa yang disebabkan oleh factor alam atau ulah manusia yang menimbulkan korban jiwa, kerugian material dan kerusakan lingkungan. Bencana timbul ketika kita tidak dapat mengatasi ancaman.
Bencana dapat dihindari atau diurangi dampaknya dengan cara : mengetahui tanda-tanda bencana, melakukan pencegahan penyakit, dan mengetahui jalur evakuasi.
Berdasarkan waktunya bencana di bedakan menjadi 2. Yang pertama bencana yang terjadi secara tiba-tiba. Bencana ini sulit untuk di prediksikan sehingga kita sulit untuk menyelamatkan diri. Misalnya : Tsunami, Angin topan dan tanah longsor. Yang kedua bencana yang terjadi secara perlahan. Biasanya di sertai tanda-tanda sehingga kita dapat menyelamatkan diri. Misalnya : Kekeringan.
Sedangkan bencana menurut penyebabnya di bedakan menjadi 3.
Yang pertama bencan yang
disebabkan oleh gejala alam. Misalnya : Gunung meletus, tsunami, dan kekeringan. Yang kedua bencana yang disebakan oleh manusia. Misalnya : Erosi (longsor) karena hutan yang gundul dan kebocoran nuklir. Yang ketiga bencana yang disebabkan oleh gejala alam dan ulah manusia.
Kegiatan penangana dilaksanakan sepanjang siklus bencana. Yaitu sebelum bencana (pra bencana), selama bencana terjadi  dan sesudah bencana (pasca bencana).
Sebelum bencana, kita dapat melakukan kesiapsiagaan dan mitigasi. Kesiapsiagaan adalah upya-upaya penggunaan kemampuan untuk secara tepat dan cepat merespon bencana. Kesiapsiagaan bencana meliputi : penyusunan rencana tanggap darurat bencana, pengembangan system peringatan dini dan peningkatan kemampuan diri dalam pertolongan pertama. Tujuannya untuk mengurangi kerugian dan korban akibat bencana. Mitigasi adalah upaya-upaya untuk mengurangi akibat ancaman bencana. Misalnya pengelolaan air bersih, pembangunan tanggul banjir dan tempat evakuasi.
Saat bencana yang harus dilakukan antara lain tindakan pencarian dan penyelamatan atau SAR, pelayanan bantuan medis, pendistribusian bantuan dan dukungan psikologi social.
Setelah bencana yang harus dilakukan adalah membantu keluarga dan orang-orang . Pembangunan gedung-gedung dan rumah-rumah yang runtuh. Perbaikan fasilitas umum seperti sekolah pukesmas dan pasar.

0 Response to "SIAGA BENCANA"

Posting Komentar