Music is Miracle


Banyak orang yang bilang dunia tanpa musik bakalan sepi. Itu bener lhoh gals. Bahkan selain hiburan musik juga bisa digunakan sebagai terapi kesehatan fisik dan mental. Lhoh?! Kok bisa? Let’s read gals!
Music dan emosi
Ketika mendengarkan alunan musik yang nge-beat tentu dong kita menjadi lebih semangat, sebaliknya saat mendengarkan lagu sedih atau music yang mellow-mellow gitu , perasaan kita pun bisa ikut sedih. Itulah kekuatan musik dapat mempengaruhi emosi dan perasaan pendengarnya. Bahkan, mendengarkan musik  favorit bisa memperbaiki mood atau suasana hati lhoh, juga membuat badan jadi rileks.
Menurut hasil penelitian, musik dan otak memiliki hubungan sebab-akibat. Di dalam otak ada penerima sinyal yang mengenali musk. Saat kita mendengar musik yang cocok dgn kebutuhan kita, syaraf-syaraf di otak terdorong untuk melepaskan hormon dopamin dan serotonin. Hormon dopamine ini  berfungsi mengatur denyut jantung dan tekanan darah . Sedangkan hormon serotonin berfungsi mengontrol mood atau suasana hati , nafsu makan dan tidur.
Nah kedua hormon itulah yang menimbulkan rasa tenang , bahagia,  dan semangat. Oleh karena itu, saat sedih sebaiknya kita mendengarkan musik  favorit berirama riang , bukan lagu sedih yang malah akan membuat perasaan semakin larut dalam kesedihan alias galauuu.
Oke, sekian dulu pengetahuan musik untuk kali ini. Di tunggu ya ,artikel selanjutnya ” Musik dan Kesehatan”

0 Response to "Music is Miracle"

Posting Komentar